RSS

5 Jenis Orang Dalam Pemeriksaan di Bandara

12 Apr

boarding

Proses pemeriksaan keamanan di bandara, disikapi beragam oleh para traveler. Ada 5 jenis orang dalam pemeriksaan di bandara. Anda termasuk yang mana?

Setiap penumpang di bandara harus melewati area pemeriksaan keamanan terlebih dahulu. Namun, ada saja traveler yang tidak suka melewati metal detector.

Dari sikap tersebut, Anda bisa mengetahui tipe-tipe dari penumpang tersebut. Dilansir dari situs Huffington Post, Jumat (12/4/2013) inilah 5 tipe orang saat berada di area pemeriksaan bandara:

1. Penumpang yang santai

Ini adalah tipe untuk sebagian besar penumpang. Penumpang yang santai biasanya hanya ingin melewati proses pemeriksaan tanpa harus bersusah payah.

Tidak ada yang mereka sembunyikan dan hanya mengikuti apapun perintah dari petugas pemeriksaan. Penumpang tipe ini cenderung lebih patuh dalam melakukan proses pemeriksaan keamanan di bandara.

2. Penumpang elit

Penumpang elit adalah tipe penumpang yang mendapat keistimewaan. Di mana mereka tidak perlu melepas sepatu atau melewati alat pemindai. Pilot, pramugari, dan pejabat terkemuka termasuk dalam tipe ini.

Sering kali mereka yang mendapat perlakuan istimewa ini memiliki kaitan dengan urusan maskapai. Profil mereka sudah terjamin latar belakangnya dan tidak akan macam-macam. Sebenarnya, penumpang lainnya juga berhak mendapatkan pemeriksaan dengan cara seperti itu.

3. Penumpang pembangkang

Untuk penumpang tipe ini biasanya tidak melewati detektor logam. Dengan begitu, secara otomatis mereka akan menjalani pemeriksaan tubuh secara langsung oleh petugas keamanan bandara.

Penumpang tipe ini tahu kalau pemeriksaan langsung oleh petugas keamanan bandara lebih repot, ketimbang harus melewati detektor logam. Penumpang tipe ini menganggap pemerintah tidak punya banyak alasan agar mereka mematuhi peraturan pemeriksaan tersebut.

4. Penumpang yang menjadi korban

Sebagian penumpang tentu tidak menyadari kalau mereka masuk ke dalam tipe ini. Inilah penumpang yang menjumpai masalah akibat tindakan petugas keamanan bandara yang berlebihan.

Bisa karena salah penumpang, atau salah petugas. Yang jelas, peristiwa yang ditumbulkan, bisa masuk berita dan kalau ada rekaman videonya, bisa sampai beredar di internet. Minimal, ada yang mengirimkan surat protes ke petugas keamanan bandara.

5. Penumpang bodoh

Penumpang bodoh adalah mereka yang berharap bisa lolos dalam pemeriksaan dengan membawa paket senjata api, granat, senjata tajam seperti parang. Penumpang yang membawa senjata adalah tindakan ceroboh yang mekalukan kesalahan dengan sengaja.

Tentu saja, penumpang dengan tipe seperti ini hanya bisa menimbulkan masalah untuk diri sendiri. Penumpang seperti ini tidak peduli dengan penyitaaan atau penangkapan yang akan dilakukan oleh petugas keamanan bandara.

 
Leave a comment

Posted by on April 12, 2013 in Indonesia

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: